Ayo Menulis


Berbicara itu mudah, memang. Dan, menulis itu gampang. Hanya, membuat tulisan yang berjiwa atau memiliki roh, itu perlu sentuhan. Sentuhan rasa dan hati” dengan mengutip ungkapan dari salah satu penulis bernama I Wayan Ananta Wijaya.

Menulis adalah potensi yang dimiliki oleh siapa pun. Siapa pun bisa menulis asalkan memiliki komitmen dan tekat yang kuat. Hal yang sama juga dipaparkan oleh Drs.I Made Rena Atmaja, selaku Pembina jurnalistik SMAN 7 Denpasar. “Menulis adalah suatu kebiasaan, kita dituntut untuk lebih sering membaca, karena dari membaca kita dapat mengetahui tulisan-tulisan yang baik”

“Tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu menghipnotis pembacanya agar mau mengikuti apa yang ada dalam pikiran kita” Jelasnya. Memang, dalam membuat sebuah tulisan seseorang harus melalui berbagai tahapan proses terlebih dahulu. Diantara proses-proses itu ialah kesetiaan dirinya untuk terus menggali potensi diri, mendalami berbagai teknik pengembangan tulisan serta terus meningkatkan ilmu pengetahuan.

Untuk belajar menulis caranya sangat mudah. Tuliskanlah apa saja yang pernah terlintas di kepala kita. Setiap ide yang muncul harus segera ditangkap. Tak jadi soal tulisan itu tidak selesai dalam satu kali hentakan. Tapi setidaknya akan menjadi tabungan berlimpah manakala suatu saat kita mentok dan menemukannya kembali dalam kertas yang berceceran sebagai harta karun yang paling berharga.

Perluaslah wawasan, karena jika wawasan kita luas, menulis akan terasa gampang. Bagaimana bisa sebuah botol mengisi gelas dengan air, jika botol itu sendiri kosong?. Jadi, jika kita ingin menulis, jadilah pembaca yang baik terlebih dahulu.

Jadikanlah menulis itu kebutuhan pokok yang harus kita penuhi. Memang, awalnya akan terasa susah, namun semakin sering kita menulis. Tulisan kita akan menjadi lebih baik. Bacalah buku, koran, majalah, atau apa pun yang bisa kita baca. Jangan pelit untuk membeli sebuah buku atau majalah. Tunjukan bahwa kita serius ingin menjadi penulis.

Di jaman sekarang ini, setiap orang bebas menuliskan apa yang mereka inginkan. Mulailah belajar menulis dengan hal-hal yang kita sukai. Gunakan penamu dan goreskanlah dalam sebuah kertas. Ayo menulis !!

0 komentar:

Posting Komentar